RSS

SAAT HATI… TAK LAGI PEDULI

06 Jun

Muslimah…,

Tahukah engkau betapa indahnya ukhuwah?? Ukhuwah yang semata hanya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ukhuwah yang senantiasa diikat dengan kepercayaan. Dan ukhuwah yang terjalin erat antara kita para muslimah satu dengan yang lainnya.

Ya…, ukhuwah tersebut akan terasa indah dan nikmat jika ada rasa kepedulian antara kita. Jika kita dapat berbagi rasa dengan saudara kita. Tak hanya sekedar mengerti, namun dituntut untuk saling memahami dan memberi.

Akan tetapi wahai para muslimah…., sadarkah bahwa sebagian besar dari kita  masih kurang peka dengan keadaan saudara kita dan lebih mementingkan diri kita sendiri?? Menemaninya hanya di kala suka dan mencampakkannya saat duka menyapanya?? Seperti itukah kita wahai muslimah?!? Ketahuilah…Hanya kita sendiri yang mampu menjawabnya.

Ukhti fillah…,

Marilah kita renungkan… jika ada saudara kita yang ditimpa kesusahan atau kesedihan, sudahkah kita luangkan waktu untuk mendatanginya?? Membantu meringankan kesusahan yang menimpanya, atau sekedar menghibur atas kesedihannya? Dimana letak kepekaan dan kepedulian kita wahai para muslimah??

Saudariku…,

Kita semua tentu sudah mengerti bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tak mampu untuk hidup sendiri. Kita tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Namun, sudahkah kita mengulurkan tangan untuk mereka? Bagaimana bisa kita mengharapkan bantuan dan pertolongan orang lain jika kita belum membantu dan menolong mereka? Disinilah pentingnya nilai sebuah kepekaan dan kepedulian dalam ukhuwah, saudariku… seandainya saat itu kita sedang diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan kesusahan dan kesempitan, maka tanpa kita harapkan, orang lain akan turut membantu kita.

Oleh karena itu… marilah kita tanamkan sifat itu dalam diri kita! Mulai saat ini juga, buang jauh-jauh sikap egois dan mementingkan diri sendiri. Banyak diantara mereka yang menanti uluran tangan kita. Baik diantara mereka yang sudah jelas mendapat ujian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala maupun mereka yang menyembunyikan keadaan mereka dari orang lain bahwa sebenarnya mereka membutuhkan pertolongan. Mengapa demikian?? Karena sifat peka dan peduli menuntut kita untuk mencermati dan mengetahui keadaan orang lain. Bisa jadi, dibalik mereka yang menampakkan keceriaan ternyata menyembunyikan kesedihan dan kesulitan yang tidak bisa kita ketahui tanpa kepekaan kita.

Akhirnya…, masihkah kita lebih mementingkan diri kita sendiri wahai muslimah?!!?

Sumber: Dokumen Buletin An-Najma

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2011 in tafakur

 

2 responses to “SAAT HATI… TAK LAGI PEDULI

  1. Citra W. Hapsari

    6 Juni 2011 at 6:43 am

    mendekatlah jetika kami terasa jauh,wahai muslimah..

     
  2. ZukhruF

    15 Juni 2011 at 10:38 pm

    Segala sesuatu yang terjadi, ujian yang menimpa, cobaan yang datang, jangan lupa Husnudzon billah!!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: